Menjadi seorang mahasiswa kedokteran tidaklah seindah seperti yang anda bayangkan sejak dulu. Setiap tahunnya ada beberapa mahasiswa yang tidak mampu bertahan dengan keadaan akademik yang cukup padat dan sulit, sehingga beberapa dari mereka harus memundurkan, cuti, atau sampai di drop out.

Menurut saya, yang terjadi dengan mahasiswa diatas mungkin mereka belum siap atau belum menemukan cara yang tepat untuk mengimbangi keadaan akademik yang padat dan sulit tentunya. Nah, Untuk meredam agar tidak terjadi hal-hal seperti di atas, dalam kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman yang saya dapati tentang hal-hal dasar yang sangat penting di dunia kedokteran:

  1. Luruskan niat anda ke kampus, yaitu menuntut ilmu BUKAN yang lain
  2. Buang jauh-jauh sikap yang selalu menunda-nunda WAKTU
  3. Hilangkan WAKTU yang selama ini anda gunakan untuk sekedar nongkrong atau keluyuran yang tak jelas manfaatnya, dan segera menggantinya dengan membuat rangkuman singkat dalam sebuah catatan kecil
  4. Belajarlah untuk SELALU MEMBACA dimanapun dan kapan pun
  5. Saat kuliah usahakan cari tempat bagian depan dan paling pinggir untuk meminimalkan gangguan yang ada.
  6. Rajin-rajinlah mencatat materi kuliah, terutama kalimat-kalimat penting yang dikeluarkan oleh dosen yang menyangkut mata kuliah yang ia bawakan.
  7. Pintar-pintarlah bergaul dengan teman atau senior. Segera batasi pergaulan jika ada hal yang tidak sesuai dengan hati nurani anda.
  8. Buatlah kelompok belajar yang terdiri dari 2-4 orang. Jangan lebih!!
  9. Tetap tenang dalam kondisi apapun agar supaya konsentrasi tetap terjaga.
Mungkin kesembilan point di atas cukup untuk sementara, dan saya berharap teman-teman mau memaknai dari setiap point di atas dan melaksanakannya dengan baik. Semoga bermanfaat.

0 comments

Posting Komentar